Latest in Tech

Senin, 25 Maret 2019

ACM Code of Ethics and Professional Conduct



www.acm.org



Tindakan para profesional komputer telah mengubah dunia. Untuk bertindak secara bertanggung jawab, mereka harus merenungkan dampak yang lebih luas dari pekerjaan mereka,  yang secara konsisten mendukung kepentingan publik. Kode Etik dan Perilaku Profesional ACM ("the code") mengungkapkan isi pikiran para propesional komputer.

Kode Etik ini akan dilengkapi dengan seperangkat Pedoman, yang memberikan penjelasan untuk membantu anggota dalam menangani berbagai masalah yang terkandung dalam Kode.

Pedoman dan Pedoman tambahannya dimaksudkan untuk menjadi dasar pengambilan keputusan etis dalam pelaksanaan pekerjaan profesional. Kedua, mereka dapat berfungsi sebagai dasar untuk menilai kelayakan pengaduan resmi yang berkaitan dengan pelanggaran standar etika profesional.

Kode etik ini secara garis besar dibagi menjadi 4, dan dalam empat kode etik tersebut di jelaskan masing-masing sesuai dengan poin yang dimaksudkan.


1. Prinsip Etika Umum

Seorang Propesional dalam bidang komputer harus...

1.1 Berkontribusi kepada masyarakat dan kesejahteraannya, juga mengakui bahwa semua orang adalah pemangku kepentingan dalam komputasi.

Prinsip ini berkaitan dengan kualitas hidup semua orang, menegaskan kewajiban seorang profesional komputasi, baik secara individu ataupun kelompok, menggunakan keterampilan mereka  untuk kepentingan masyarakat, termasuk anggotanya dan lingkungan sekitarnya.
Tujuan penting dari para profesional komputasi adalah untuk meminimalkan konsekuensi negatif dari sistem komputasi, termasuk ancaman terhadap kesehatan dan keselamatan. Ketika merancang atau menerapkan sistem, para profesional komputasi harus berusaha untuk memastikan bahwa produk dari upaya mereka akan digunakan dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial, akan memenuhi kebutuhan sosial, dan akan menghindari efek berbahaya bagi kesehatan dan kesejahteraan.

1.2 Menghindari Bahaya

Bahaya disini dimaksudkan dalam konteks konsekuensi negatif, terutama konsekuensi yang penting dan bersifat tidak adil. Beberapa contoh diantaranya, cedera fisik dan mental, perusakan atau pengungkapan informasi, dan juga kerusakan yang tidak dapat dibenarkan atas properti, reputasi, dan lingkungan.
Untuk meminimalkan kemungkinan yang secara tidak langsung merugikan orang lain, para profesional komputerisasi harus meminimalkan malfungsi dengan mengikuti standar yang diterima umum untuk desain dan pengujian sistem. Selain itu, seringkali perlu untuk menilai konsekuensi sosial dari sistem, untuk memproyeksikan kemungkinan adanya bahaya serius bagi orang lain. Jika fitur sistem disalahpahami kepada pengguna, rekan kerja, atau supervisor, profesional komputasi individu bertanggung jawab atas cedera yang diakibatkannya.

1.3 Jujur dan Bisa dipercaya

Kejujuran merupakan komponen penting dari kepercayaan. Tanpa kepercayaan, suatu organisasi tidak dapat berfungsi secara efektif. Profesional komputasi yang jujur tidak akan membuat klaim palsu atau menipu dengan sengaja tentang sistem atau desain sistem, tetapi malah akan memberikan gambaran penuh pada semua batasan dan masalah sistem yang bersangkutan.

Para profesional komputasi harus berterus terang terhadap keadaan apapun yang mengarah kepada konflik yang mungkin terjadi kedepannya. Profesional komputasi tidak boleh salah menggambarkan kebijakan atau prosedur organisasi, dan tidak boleh berbicara atas nama organisasi kecuali diberi wewenang untuk melakukannya.

1.4 Bersikap Adil dan tidak Diskriminatif

Nilai kesetaraan, toleransi, menghargai orang lain, dan keadilan diatur pada prinsip ini. Para profesional komputasi harus mendorong partisipasi yang adil dari semua orang, termasuk mereka yang berasal dari kelompok minoritas.
Diskriminasi berdasarkan usia, warna kulit, kecacatan, etnis, status keluarga, gender, kebangsaan, ras atau faktor tidak pantas lainnya merupakan pelanggaran terhadap kode etik. Para profesional komputasi harus mengambil tindakan untuk menghindari penciptaan sistem atau teknologi yang menghilangkan hak atau menindas orang.

1.5 Hormati pekerjaan yang diperlukan untuk menghasilkan ide-ide baru, penemuan, karya kreatif, dan komputasi artefak.

Para profesional komputasi tidak boleh mengklaim kepemilikan pribadi atas pekerjaan yang telah orang lain bagikan sebagai sumber daya publik. Dan harus menghargai Hak  Cipta Milik.

1.6 Hargai Privasi

Teknologi komputasi dan komunikasi memungkinkan pengumpulan dan pertukaran informasi pribadi dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah peradaban. Dengan demikian ada potensi yang meningkat untuk melanggar privasi individu dan kelompok. Ini adalah tanggung jawab profesional untuk menjaga privasi dan integritas data yang menggambarkan individu. termasuk mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan keakuratan data, serta melindunginya dari akses tidak sah atau pengungkapan tidak disengaja kepada individu yang tidak pantas. Selain itu, prosedur harus ditetapkan untuk memungkinkan individu untuk meninjau catatan mereka dan ketidakakuratan yang benar.

1.7 Hormati Kerahasiaan

Para profesional komputasi sering kali dipercayakan dengan informasi rahasia seperti rahasia dagang, data klien, strategi bisnis nonpublik, informasi keuangan, data penelitian, artikel ilmiah pra-publikasi, dan aplikasi paten. Profesional komputasi harus melindungi kerahasiaan kecuali dalam kasus-kasus di mana bukti pelanggaran hukum, peraturan organisasi, atau kode etik. Dalam kasus ini, sifat atau isi dari informasi tersebut tidak boleh diungkapkan kecuali kepada pihak yang berwenang. Seorang profesional komputasi harus mempertimbangkan dengan seksama apakah pengungkapan seperti itu konsisten dengan kode etik atau tidak.

2. Tanggung Jawab Profesional

2.1 Berusaha untuk mencapai kualitas tinggi, baik di proses maupun produk dari hasil kerja profesional.

Keunggulan mungkin merupakan kewajiban yang paling penting dari seorang profesional. Profesional komputasi harus berusaha untuk mencapai kualitas dan menyadari konsekuensi negatif serius yang mungkin diakibatkan oleh kualitas yang buruk dalam suatu sistem.

2.2 Mempertahankan standar yang tinggi dari kompetensi profesional, perilaku, dan praktek etika.

Komputasi berkualitas tinggi tergantung pada individu dan tim yang mengambil tanggung jawab pribadi dan kelompok untuk memperoleh dan mempertahankan kompetensi profesional. Kompetensi profesional dimulai dengan pengetahuan teknis dan dengan kesadaran akan konteks sosial di mana pekerjaan mereka dapat digunakan. Kompetensi profesional juga membutuhkan keterampilan dalam komunikasi, dalam analisis reflektif, dan dalam mengenali dan menavigasi tantangan etika. Peningkatan keahlian merupakan proses yang berkelanjutan, bisa melalui pendidikan formal, pendidikan non-formal, seminar, dan sebagainya. Organisasi dan pengusaha profesional harus mendorong dan memfasilitasi kegiatan ini.

2.3 Mengetahui dan menghormati aturan yang terkait dengan pekerjaan profesional.

Aturan di sini termasuk hukum dan peraturan lokal, regional, nasional, dan internasional, serta kebijakan dan prosedur organisasi mana pun yang dimiliki. Profesional komputasi harus mematuhi aturan-aturan ini kecuali ada pembenaran etika yang meyakinkan untuk melakukan sebaliknya. Aturan yang dinilai tidak etis harus ditentang. Suatu aturan mungkin tidak etis ketika memiliki dasar moral yang tidak memadai atau juga menyebabkan kerugian. Seorang profesional komputasi yang memutuskan untuk melanggar aturan karena tidak etis, atau karena alasan lain, harus mempertimbangkan konsekuensi dan menerima tanggung jawab atas tindakannya itu.

2.4 Menerima dan memberikan ulasan secara profesional yang sesuai.

Pekerjaan profesional berkualitas tinggi dalam komputasi tergantung pada tinjauan profesional di semua tahap. Profesional komputasi harus mencari dan memanfaatkan tinjauan rekan dan para pemangku kepentingan. Profesional komputasi juga harus memberikan ulasan konstruktif dan kritis dari karya orang lain.

2.5 Memberikan evaluasi yang komprehensif dan menyeluruh terhadap sistem komputer dan juga dampaknya, termasuk analisis resiko yang mungkin terjadi.

Profesional komputasi berada dalam posisi yang dipercaya, dan karenanya memiliki tanggung jawab khusus untuk memberikan evaluasi dan kesaksian yang obyektif dan kredibel kepada pengusaha, karyawan, klien, pengguna, dan masyarakat. Para profesional komputasi harus berusaha untuk menjadi tanggap, teliti, dan objektif ketika mengevaluasi, merekomendasikan, dan menyajikan deskripsi dan alternatif sistem.

2.6 Lakukan pekerjaan hanya di bidang kompetensi.

Seorang profesional komputasi bertanggung jawab untuk mengevaluasi penugasan kerja potensial. Ini termasuk mengevaluasi kelayakan pekerja, apakah penugasan pekerjaan berada dalam kompetensinya atau bukan. Jika suatu saat sebelum atau selama penugasan pekerjaan, profesional mengidentifikasi kurangnya keahlian yang diperlukan, mereka harus mengungkapkan hal ini kepada pemberi kerja atau klien. Klien atau pemberi kerja dapat memutuskan untuk melanjutkan penugasan dengan profesional setelah waktu tambahan untuk memperoleh kompetensi yang diperlukan, untuk mengejar penugasan dengan orang lain yang memiliki keahlian yang diperlukan, atau untuk melepaskan penugasan tersebut. Pertimbangan etis profesional komputasi harus menjadi panduan terakhir dalam memutuskan apakah akan mengerjakan pekerjaan tersebut.

2.7 Menumbuhkan kesadaran publik dan pemahaman tentang komputasi, teknologi terkait, dan konsekuensinya.

Sesuai dengan konteks dan kemampuan seseorang, profesional komputasi harus berbagi pengetahuan teknis dengan publik, menumbuhkan kesadaran komputasi, dan mendorong pemahaman komputasi. Komunikasi dengan publik harus jelas, sopan, dan ramah. Masalah-masalah penting termasuk dampak sistem komputer, keterbatasannya, kerentanannya, dan peluang yang mereka hadirkan. Selain itu, seorang profesional komputasi harus dengan hormat menangani informasi yang tidak akurat atau menyesatkan yang terkait dengan komputasi.

2.8 Mengakses sumber daya komputasi dan komunikasi hanya jika diizinkan atau ketika dipaksa oleh publik.

Individu dan organisasi memiliki hak untuk membatasi akses ke sistem dan data mereka selama pembatasan tersebut konsisten dengan prinsip-prinsip lain dalam kode etik. Konsekuensinya, profesional komputasi tidak boleh mengakses sistem komputer, perangkat lunak, atau data orang lain tanpa keyakinan yang masuk akal. Suatu sistem yang dapat diakses secara publik bukanlah alasan yang cukup untuk menyiratkan otorisasi.

2.9 Desain dan implementasi sistem yang kuat dan dapat digunakan dengan aman.

Pelanggaran keamanan komputer menyebabkan kerusakan. Keamanan yang kuat harus menjadi pertimbangan utama saat merancang dan mengimplementasikan sistem. Para profesional komputasi harus melakukan uji tuntas untuk memastikan fungsi sistem sebagaimana dimaksud, dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mengamankan sumber daya terhadap penyalahgunaan, modifikasi, dan penolakan layanan yang disengaja dan tidak disengaja. Karena ancaman dapat muncul dan berubah setelah sistem dikerahkan, profesional komputasi harus mengintegrasikan teknik dan kebijakan mitigasi, seperti pemantauan, penambalan, dan pelaporan kerentanan.
Untuk memastikan sistem mencapai tujuan yang diinginkan, fitur keamanan harus dirancang sedemikian intuitif dan mudah digunakan. Profesional komputasi harus menghindari tindakan pencegahan keamanan yang terlalu membingungkan, tidak sesuai dengan situasi, atau menghambat penggunaa.
Dalam kasus di mana penyalahgunaan atau kerusakan dapat diprediksi atau tidak dapat dihindari, opsi terbaik adalah tidak menerapkan sistem.

3. Prinsip Kepemimpinan yang Propesional

3.1 Memastikan bahwa barang publik adalah perhatian utama selama semua pekerjaan komputasi profesional.

Orang — termasuk pengguna, pelanggan, kolega, dan orang lain yang terkena dampak langsung atau tidak langsung — harus selalu menjadi perhatian utama dalam komputasi. Barang publik harus selalu menjadi pertimbangan eksplisit ketika mengevaluasi tugas-tugas yang terkait dengan penelitian, analisis persyaratan, desain, implementasi, pengujian, validasi, penyebaran, pemeliharaan, pensiun, dan pembuangan.
Profesional komputasi harus menjaga fokus ini tidak peduli metodologi atau teknik apa yang mereka gunakan dalam praktik mereka.

3.2 Mengartikulasikan, mendorong penerimaan, dan mengevaluasi pemenuhan tanggung jawab sosial oleh anggota organisasi atau kelompok.

Organisasi dan kelompok teknis mempengaruhi masyarakat yang lebih luas, dan para pemimpin mereka harus menerima tanggung jawab yang terkait. Organisasi — melalui prosedur dan sikap yang berorientasi pada kualitas, transparansi, dan kesejahteraan masyarakat — mengurangi bahaya bagi publik dan meningkatkan kesadaran akan pengaruh teknologi dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, para pemimpin harus mendorong partisipasi penuh dari para profesional komputasi dalam memenuhi tanggung jawab sosial yang relevan dan mencegah kecenderungan untuk melakukan sebaliknya.

3.3 Mengelola personel dan sumber daya untuk meningkatkan kualitas kehidupan kerja.

Para pemimpin harus memastikan bahwa mereka meningkatkan, bukan menurunkan, kualitas kehidupan kerja. Para pemimpin harus mempertimbangkan pengembangan pribadi dan profesional, persyaratan aksesibilitas, keselamatan fisik, kesejahteraan psikologis, dan martabat manusia semua pekerja. Standar ergonomis manusia-komputer yang sesuai harus digunakan di tempat kerja.

3.4 Mengartikulasikan, menerapkan, dan mendukung kebijakan dan proses yang mencerminkan prinsip-prinsip kode etis.

Para pemimpin harus mengupayakan kebijakan organisasi yang jelas yang konsisten dengan kode etis dan secara efektif mengkomunikasikannya kepada pemangku kepentingan terkait. Selain itu, para pemimpin harus mendorong dan menghargai kepatuhan dengan kebijakan-kebijakan itu, dan mengambil tindakan yang tepat ketika kebijakan dilanggar.

3.5 Menciptakan peluang bagi anggota organisasi atau kelompok untuk tumbuh sebagai profesional.

Peluang pendidikan sangat penting untuk semua anggota organisasi dan kelompok. Para pemimpin harus memastikan bahwa peluang tersedia bagi para profesional komputasi untuk membantu mereka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam profesionalisme, dalam praktik etika, dan dalam spesialisasi teknis mereka. Peluang ini harus mencakup pengalaman yang membiasakan para profesional komputasi dengan konsekuensi dan keterbatasan jenis sistem tertentu.

3.6 Berhati-hatilah saat memodifikasi atau menghentikan sistem.

Perubahan antarmuka, penghapusan fitur, dan bahkan pembaruan perangkat lunak berdampak pada produktivitas pengguna dan kualitas pekerjaan mereka. Para pemimpin harus berhati-hati ketika mengubah atau menghentikan dukungan untuk fitur-fitur sistem di mana orang masih bergantung. Para profesional komputer harus membantu pengguna sistem dalam memantau kelayakan operasional sistem komputasi mereka, dan membantu mereka memahami bahwa penggantian tepat waktu dari fitur yang tidak sesuai atau usang atau seluruh sistem mungkin diperlukan.

3.7 Mengenali dan merawat secara khusus sistem yang terintegrasi ke dalam infrastruktur masyarakat.

Bahkan sistem komputer yang paling sederhana memiliki potensi untuk mempengaruhi semua aspek masyarakat ketika diintegrasikan dengan kegiatan sehari-hari seperti perdagangan, perjalanan, pemerintahan, perawatan kesehatan, dan pendidikan. Ketika organisasi dan kelompok mengembangkan sistem yang menjadi bagian penting dari infrastruktur masyarakat, para pemimpin mereka memiliki tanggung jawab tambahan untuk menjadi pengurus yang baik dari sistem ini. Pemantauan terus menerus tentang bagaimana masyarakat menggunakan sistem akan memungkinkan organisasi atau kelompok untuk tetap konsisten dengan kewajiban mereka yang dijabarkan dalam kode etis ini. Ketika standar perawatan yang sesuai tidak ada, profesional komputasi memiliki tugas untuk memastikan mereka dikembangkan.

4. Patuh kepada Kode Etik

4.1 Menjunjung tinggi, mempromosikan, dan menghormati prinsip-prinsip kode etik.

Masa depan komputasi tergantung pada keunggulan teknis dan etika. Para profesional komputer harus mematuhi prinsip-prinsip kode etis ini dan berkontribusi untuk meningkatkannya. Para profesional komputer yang mengakui pelanggaran pedoman kode etis harus mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah etika yang mereka akui, termasuk, jika masuk akal, mengungkapkan kekhawatiran mereka kepada orang atau orang yang dianggap melanggar pedoman

4.2 Menangani pelanggaran kode etik sebagai tidak konsisten dengan keanggotaan dalam ACM.

Setiap anggota ACM harus mendorong dan mendukung kepatuhan oleh semua profesional komputasi terlepas dari keanggotaan ACM. Anggota ACM yang mengakui pelanggaran kode etik harus mempertimbangkan melaporkan pelanggaran terhadap ACM, yang dapat mengakibatkan tindakan perbaikan sebagaimana ditentukan dalam Kode Etik dan Kebijakan Penegakan Perilaku Profesional ACM.


Sumber : ACM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar